Kau Sahabat Kau Teman

5 UNSUR YANG ADA DALAM DIRI KITA

ARTI JURUS LIMA

1. CAHAYA BUMI

Sobar : Sabar atau sobar menyangkut dalam diri kita didalam mengerjakan sesuatu, contohnya : kalau kita bertani dan mengharapkan dapat dipungun hasilnya dengan baik dengan cara sabar, tanaman tersebut kita pelihara dengan baik, dipupuk, diairi, dsb…………….

Makanan dari sobar yaitu IMAN.

2. CAHAYA API

Kekuatan : Kekuatan atau tenaga biasanya berkaitan dengan akal dan pikiran kita. Oleh karena itu gunakan akal dan pikiran kita kepada sesuatu yang ber-manfaat bagi kita maupun untuk Agama dan Negara. Makanan dari kekuatan / tenaga adalah dengan jalan SALING MENGEGEMBIRAKAN.

3. CAHAYA AIR

Nafsu / Kemauan : Arahkan nafsu dan kemauan kita kepada hal yang baik menurut Agama dan Negara. Janganlah berbuat ingkar.

Makanan dari nafsu / kemauan dalah MEMAKSAKAN.

4. CAHAYA ANGIN

Dingin hati : Dingin hati atau ketenangan hati, misalnya kalau kita melakukan sesuatu hadapilah dengan ketenangan hati jangan tergesa-gesa dan kalau mengerjakan sesuatu dahulukan yang lebih penting.

Makanan dari dingin hati dalah ELING.

5. CAHAYA KENIKMATAN

Kenikmatan : Kenikmatan adalah suatu rasa yang hanya dapat kita rasakan masing-masing, misalnya : kalau kita tidur karena terlalu nikmatnya sehingga kita tidak ingat apa-apa. Oleh karena itu,

Makanan dari kenikmatan ini adalah MEMBAYAR PADA HAL-HAL YANG TIDAK PERNAH BOHONG (JANGAN DIINGAT-INGAT).

BULANG-BALING

Bulang-Baling terdari dari 4 unsur, yaitu :

Ilmu Cahaya : Misalnya kita harus bercahaya dalam berakhlak, bercahaya dalam berpakaian, bercahaya dalam segala perbuatan, dsb…

Ilmu Kewalian : Misalnya kita harus berkelakuan yang disenangi wali saling tolong menolong, berkelakuan baik terhadap sesama manusia, dan melaksanakan amal ibadah sesuai dengan aturan Agama dan Negara.

Ilmu Kejinan : Misalnya akhlak dan kelakuan kita jangan asal ikut-ikutan dan harus banar-benar yakin dalam melakukan sasuatu dan sesuai dengan aturan Agama dan Negara.

Ilmu Kemanusiaan : Ilmu Kemanusiaan yaitu yang tercantum dalam Jurus Lima, yaitu :

1. Cahaya Bumi 2. Cahaya Api 3. Cahaya Air

4. Cahaya Angin 5. Cahaya Kenikmatan